Minggu, 06 Februari 2011

TATA CARA KHUSUKNYA HIDUP

TATA CARA KHUSUKNYA HIDUP

TATA CARA MENCARI KHUSUKNYA HIDUP ITU BEGINI :
ANGGAPLAH SELURUH DUNIA INI TEMAN KAMU, AKHIRNYA SEDIKIT DEMI SEDIKIT NANTI KAMU TAHU CARA HIDUP DIDUNIA, AKHIRNYA DIRI KAMU BISA MERASAKAN KETENANGAN, KALAU KAMU SUDAH BISA MERASA SELURUH MAKHLUK DIDUNIA INI SEBAGAI TEMAN AKHIRNYA SIFAT KESOMBONGAN BERLARI SENDIRI, TETAPI KALAU KAMU MASIH MERASA PUNYA MUSUH, BISA MENJADI PENYAKIT IBADAH.

DAN TAKUTLAH TERHADAP AZABNYA ALLAH, MAKA SIFAT KEAKUANMU (KESOMBONGAN, KEANGKUHAN, KEMUSRIKAN DAN KEKURANGAN) AKAN HILANG DALAM DIRIMU. INGAT KISANAK, DUNIA INI DIBUAT OLEH ALLAH DISURUH MENIKMATI, MENGHAYATI, MENSYUKURI DAN RUKUN SESAMA HAMBA ALLAH. AKHIRNYA KAMU BISA MERASAKAN HIDUP YANG SEJATI. BUKANKAH KITA DICIPTAKAN OLEH ALLAH MELALUI KERUKUNAN BAPAK IBU, KAKEK NENEK…ADAM HAWA, KALAU TIDAK TERJADI KERUKUNAN BELIAU, NISCAYA KITA TIDAK TERLAHIR DIDUNIA.MAKA DARI ITU INGATLAH ASAL-USULMU, YAITU DARI ORANG YANG RUKUN, SENANG, PUAS. ARTINYA :

- RUKUN SESAMA HAMBA ALLAH
- SENANG TERHADAP PEMBERIAAN ALLAH SEDIKIT ATAU BANYAK/SYUKUR (SURGA TEMPAT KESENANGAN DAN NERAKA TEMPAT KESUSAHAN )
- PUAS MENJADIKAN ALLAH SEBAGAI BOSS, DAN KITA SEBAGAI HAMBA,PESURUH. (RIDHO BIRIDHO).
SEBENARNYA DUNIA INI DIBUAT ALLAH TIDAK ADA LAHIR DOSA, KENAPA SEKARANG DOSA ITU ADA DIMANA-MANA DAN YANG BERBUAT DOSA ITU SIAPA ?

BUKANKAH DOSA ITU DARI MANUSIANYA SENDIRI, YANG BERBUAT JUGA MANUSIANYA SENDIRI.
DIMANA LETAKNYA DOSA ? YANG BERBUAT, YAITU FIKIRAN YANG SERAKAH DAN INGIN BANGGA KEPADA SESAMA, TIDAK TAHU ANCAMAN ALLAH DIBELAKANGNYA, ATAU SUDAH TAHU TAPI MBLUBOH/ HALAH (BASA JAWA). AKHIRNYA AZAB DATANG DAN KAMU MERINTIH, MENYESAL, KARENA MATA DHOHIR DAN BATIN, TELINGA DHOHIR DAN BATIN BUTA TERHADAP ATURAN DARI ALLAH. TETAPI, KALAU KAMU PANDAI MENELITI HIDUPMU PASTILAH KAMU BERHASIL MENGHADAPI UJIAN HIDUP DIDUNIA INI. KARENA APA ? DUNIA INI HANYA PERMAINAN DAN SENDAU GURAU DAN SETIAP MANUSIA MEMBUAT PUISI SENDIRI-SENDIRI, YANG NANTINYA DIPERLIHATKAN, DIPERTANGGUNG JAWABKAN SENDIRI DIHADAPAN ALLAH SWT, KALAU BAIK YA LULUS…
MAKA DARI ITU BERSYUKURLAH KEPADA ALLAH, BAIK DIBERI SEDIKIT MAUPUN BANYAK, SEHINGGA TIDAK MERASA KURANG…KURANG DAN KURANG, ,..AKHIRNYA HAQQUL YAKIN OTAK, AKAL, FIKIRAN RASA KAMU AKAN MENJADI TENANG.

BAGAIMANA CARANYA AGAR BISA MENJADIKAN SEMUA MAKHLUK DIDUNIA INI SEBAGAI TEMAN ?
1. KALAU MELIHAT ORANG BAIKNYA SAJA, YANG JELEK BIAR URUSAN DIA DENGAN ALLAH.DENGAN KATA LAIN DIRI KITA TIDAK TERHINGGAPI SIFAT JELEK. DAN YANG ADA DALAM DIRI KITA HANYA BAIKNYA SAJA.
2. KALAU MELIHAT APA SAJA YANG KAMU TATAP DIMATAMU, LIHATLAH DIATASNYA ADA NAMA ALLAH. KALAU KAMU SUDAH BISA, KAMU AKAN MERASAKAN KETENANGAN HIDUP DALAM JIWAMU.
3. PANDANGLAH SETIAP YANG KAMU LIHAT : DIATASNYA,DIBAWAHNYA,DIKANANNYA,DIKIRINYA,DIDEPANNYA,DIBELAKANGNYA SELALU NAMA ALLAH.KALAU KAMU SUDAH BISA MERASAKAN BARU TAHU HASILNYA ….


ORANG YANG BISA MERASAKAN 2 RASA
1. RASA DUNIA
2. RASA GHOIB, KHODIM, MALAKUT
BARU MENGETAHUI ASAL USULMU SEBENARNYA WAHAI SAUDARAKU.

ALLAH SWT MENCIPTAKAN KAMU DIDUNIA INI MUTLAK UNTUK MENGABDI KEPADA ALLAH SWT ,
FIRMAN ALLAH (QS AD-DZARIAT 56)
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

DENGAN CARA BERIBADAH YANG GIAT, DZIKIR YANG GIAT DALAM KEADAAN DUDUK, BERDIRI MAUPUN BERBARING SELALU DIPENUHI DENGAN DZIKRULLAH, MAKA KEBAHAGIAAN YANG HAQ DUNIA AKHIRAT AKAN KAU PEROLEH WAHAI SAUDARAKU.
RESEPNYA :
1. BERDOA
2. BERUSAHA
3. SAMPAI NYATA

TETAPI KALAU KAU MALAS IBADAH, DZIKIR, MAKA KETAHUILAH KISANAK, API NERAKA YANG MENYALA-NYALA MENANTIMU, ITULAH HADIAH DARI ALLAH SWT YANG DISEDIAKAN BAGI HAMBANYA YANG CEROBOH TERHADAP KEWAJIBANNYA DIDUNIA INI.

SELAMA KAMU MELIHAT DIRIMU MASIH BERBENTUK TULANG DAN DAGING, DAN SELALU MERASA KURANG DAN KURANG TERHADAP APA YANG DIBERIKAN ALLAH SWT, BERARTI MATAMU MASIH TERTUTUP OLEH TIPU MUSLIHAT DUNIA, CEPATLAH KEMBALI KEPADA ALLAH SWT DENGAN DZIKIR KEPADANYA, NISCAYA ALLAH AKAN MEMBIMBINGMU KE RASA GHOIB, KHODIM, MALAKUT DAN NANTI KAMU AKAN TAHU SENDIRI…

INGAT KISANAK, DI DUNIA INI MANUSIA DISURUH BERLOMBA UNTUK MERAIH KERIDHOAN-NYA SAMPAI HAQQUL YAKIN ALLAH SWT MERIDHOIMU. BARANG SIAPA SAMPAI GARIS FINISH NISCAYA DIA AKAN MEMPEROLEH KEBAHAGIAAN YANG HAQ…SELAMA-LAMANYA.

PIKIRKANLAH, UMUR KANJENG NABI MUHAMMAD SAW KEKASIH ALLAH BERAPA? UMURMU BERAPA? APAKAH KAU AKAN CARI DUNIA YANG SEBENTAR LAGI KAU TINGGALKAN? ATAU CARI AKHIRAT DENGAN MENDAPATKAN KERIDHOAN ALLAH SWT? PADAHAL HARTA ITU MENJADI MILIK AHLI WARIS YANG AKAN DATANG. SEMUANYA ITU TERSERAH DIRIMU SENDIRI, DAN PILIHAN ITU ADA PADA DIRIMU SENDIRI, DAN PERTANGGUNG-JAWABAN DI HADAPAN ALLAH SWT ADA PADA DIRIMU SENDIRI.

SALAH BENAR ADA PADA DIRIMU SENDIRI, MALAIKAT ROKIB ATIB YANG MENCATAT SEMUA PERBUATANMU SENDIRI. DAN KAU SENDIRI YANG AKAN MEMPERTANGGUNG JAWABKAN SEMUA PERBUATANMU BENAR DAN SALAH DIHADAPAN ALLAH SWT. KOREKSI…KOREKSI…KOREKSI… DIRIMU SENDIRI, SUDAH LANYAKKAH KAU HADAPKAN DIRIMU KEHADAPAN ALLAH SWT? LIHAT…LIHAT…DAN LIHATLAH SETIAP GERAK LANGKAHMU, SETIAP KELUAR MASUK NAFASMU, SUDAHKAH MENDAPAT KERIDHOAN ALLAH SWT?

FIRMAN ALLAH SWT (QS AL HADIID 20)
Ketahuilah, bahwa Sesungguhnya kehidupan dunia Ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah- megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; Kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning Kemudian menjadi hancur. dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. dan kehidupan dunia Ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.

FIRMAN ALLAH SWT DALAM HADIST QUDSI :
MAKA IA ORANG YANG MEMPUNYAI AKAL , BERPALING DARI DUNIA DENGAN MEMEJAMKAN MATA SERTA BERLARI DARINYA, KARENA DIA TIDAK MENJADIKAN DUNIA INI SEBAGAI TANAH AIR, DAN TIDAK MENJADIKAN DUNIA ITU SEBAGAI TEMPAT TINGGAL, BAHKAN DIA BANGKIT DENGAN SEMANGAT MENUJU KEPADA ALLAH SWT,DAN IA BERJALAN DIDUNIA INI DENGAN MEMOHON PERTOLONGAN KEPADA ALLAH SWT UNTUK SEGERA SAMPAI KEPADANYA.

PADA HAKEKATNYA MENGARUNGI HIDUP DUNIA INI IBARAT BERLOMBA LARI MENUJU GARIS FINISH, KITA TELAH MELAWATI SEKIAN SIRKUIT/PUTARAN SEBANYAK JUMLAH TAHUN DALAM UMUR KITA ,KITA TINGGALKAN TAHUN LAMA UNTUK MASUKI TAHUN BARU UNTUK SELANJUTNYA KITA KEMBALI LAJU BERLOMBA MENUJU GARIS FINISH, KITA DIPERLENGKAPI DENGAN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENUJU GARIS FINISH,DISANA DISEDIAKAN RAMBU-RAMBU YANG BOLEH DILALUI DAN YANG TIDAK BOLEH DILALUI, UJIAN DEMI UJIAN SELALU BERADA DIDEPAN MATA, BISAKAH KITA SAMPAI GARIS FINISH DENGAN SELAMAT,ATAU KITA TERLENA DENGAN PERHIASAN–PERHIASAN YANG ADA DISAMPING PERJALANAN.
BAGI MASING-MASING KITA TELAH DITENTUKAN MASANYA ADA YANG 70 TH ATAU LEBIH, 50 TH, 30 TH, 10 TAHUN, 1 TAHUN, BAHKAN ADA YANG 1HARI DAN ADA JUGA YANG KURANG DARI 1 HARI.

MENGENAI PERLENGKAPAN PERJALANAN OLEH ALLAH SWT KITA TELAH DILENGKAPI DENGAN ANUGERAH KELENGKAPAN JASMANI DAN ALAT-ALAT TUBUH YANG SANGAT SEMPURNA. KITA DI ANUGERAHI AKAL, JUSTRU MAHLUK-MAHLUK LAIN TIDAK PUNYA.
BELUM NIKMAT-NIKMAT KEDUDUKAN, JABATAN, PROFESI, KEKAYAAN, PENGETAHUAN, KESEHATAN DAN SEBAGAINYA. TAPI INGATLAH SEMUA KENIKMATAN YANG TELAH DIANUGERAHKAN OLEH ALLAH SWT PADA SAATNYA AKAN DIMINTAI PERTANGGUNG JAWABKAN OLEH ALLAH SWT. BETAPA TELITINYA PENGADILAN ITU SEPERTI DIGAMBARKAN
FIRMAN ALLAH SWT (QS YAASIN 65)
Pada hari Ini kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.

FIRMAN ALLAH SWT (QS AN NISA’ 78)
Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang Tinggi lagi kokoh

RASULULLAH SAW, PARA NABI, SAHABAT-SAHABAT RASULULLAH SAW, WALI–WALI ALLAH SWT TELAH MENABURKAN, MENANAM, DAN MENINGGALKAN SEJARAH YANG BAGUS.
SEJARAHMU GIMANA….?
MAKA DARI ITU MARI KITA MENANAM SEJARAH YANG BAGUS SEBAGAIMANA BELIAU PARA KEKASIH ALLAH.
DENGAN CARA :
1. SYAHADAT
2. SHOLAT
3. ZAKAT
4. PUASA
5. HAJI BAGI YANG MAMPU
6. DZIKIR
7. SOPAN SANTUN KEPADA SESAMA HAMBA ALLAH
8. RUKUN KEPADA SIAPAPUN
9. BICARA YANG BENAR TIDAK MENYAKITKAN.
10. JUJUR
AKHIRNYA YANG ADA HANYA SENYUM TERHADAP SESAMA HAMBA ALLAH, ITUPUN SUDAH IBADAH.

KALAU KAMU BISA MENGETAHUI, BERBICARA, MELIHAT APA YANG ADA DALAM DADAMU YANG SELALU MENYEBUT ALLAH / LAA ILAAHA ILLALLAH , AKHIRNYA KAU AKAN TAHU ASAL USULMU DAN KAU AKAN LULUS DAN WISUDA, WAHAI SAUDARAKU.
TINGGAL MENELITI SEJARAH DUNIA DAN MENINGGALKAN SEJARAH YANG BAGUS.


TATA CARA KHUSUKNYA HIDUP (Part-2)
KALAU KAMU BISA MENGETAHUI, BERBICARA, MELIHAT APA YANG ADA DALAM DADAMU YANG SELALU MENYEBUT ALLAH / LAA ILAAHA ILLALLAH , AKHIRNYA KAU AKAN TAHU ASAL USULMU DAN KAU AKAN LULUS DAN WISUDA, WAHAI SAUDARAKU.
TINGGAL MENELITI SEJARAH DUNIA DAN MENINGGALKAN SEJARAH YANG BAGUS.

INI CONTOHNYA : 1 2 2 1 KALAU KAMU MERASAKAN SEPERTI INI KAMU BARU MENGETAHUI SIAPAKAH ITU…?
AKHIRNYA KAU LULUS DAN WISUDA …

HADITS RASULULLAH SAW:

HISABLAH DIRIMU SEBELUM DIADAKAN HISAB KEPADAMU DAN TIMBANGLAH AMALMU SEBELUM DIADAKAN TIMBANGAN PADAMU

FIRMAN ALLAH SWT (QS.AL HASYR :18).
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang Telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

KALAU KAMU INGIN BERHASIL HIDUPMU, PROSESLAH DIRIMU !
BERDO’A, BERUSAHA, SAMPAI NYATA.
BAGAIMANA CARANYA ? YAITU TANYALAH PADA DIRIMU, KAMU DIBUAT DIDUNIA INI DISURUH APA ?
INGAT INI? DIKASIH MATA UNTUK MENUNJUKKAN JALAN, DIKASIH TELINGA BAGAIKAN MENYAMPAIKAN SURAT, SURAT APA YANG KAU INGINKAN ? KEBERHASILAN HIDUP DIDUNIA ATAUKAH KEBERHASILAN DIAKHIRAT, TELINGA ITU LALU BILANG DENGAN MULUT, MULUT MENYAMPAIKAN AMANATMU TENTANG KESUKSESAN DIAKHIRAT NANTI.TANGAN KAMU BAGAIKAN PANITIA,ATAU TEMAN ATAU PEMBANTU DIRIMU, KAKI KAMU BAGAIKAN RODA KENDARAAN ATAUKAH MENYAMPAIKAN AMANAT APA YANG KAU INGINKAN.SIAPAKAH YANG MENJADI SUPIRNYA ? YAITU AKAL, FIKIRAN, ROSO PANGROSO, KALAU ITU MENUJU JALAN YANG BENAR ITULAH PERINTAH ALLAH, TAPI KALAU MENUJU JALAN YANG SALAH YAITU DARI SETAN, IBLIS, DAN JIN YANG BERSARANG PADA DIRIMU. MAKA DARI ITU KALAU KAMU SHOLAT, BERDZIKIR, MENYEBUT NAMA ALLAH PASTILAH KAU SELAMAT DARI NERAKA ATAU AZABNYA ALLAH. TAPI KALAU KAMU TIDAK SHOLAT, TIDAK LAMA AKAN DILAKNAT DIDUNIA ATAU DIAKHIRAT NANTI.
INI CONTOH TATA CARA SHOLAT KHUSUK :
SEBELUM BERWUDHU, TATAPLAH NAMA ALLAH DIATAS AIR,
LALU KAMU BARU AMBIL WUDHU, SESUDAH ITU BERDO’ALAH
DAN KALAU MELANGKAH MAU SHOLAT, MULUT BERDZIKIR MENYEBUT NAMA ALLAH,
KALAU MAU SHOLAT TATAPLAH DEPAN KAMU SATU JENGKAL JARI NAMA ALLAH,
DIWAKTU BERDIRI, DIWAKTU RUKU’,
DIWAKTU SUJUD DIWAKTU I’TIDAL ,SAMPAI SALAM
TATAPLAH TERUS NAMA ALLAH JANGAN SAMPAI KEMASUKAN RETIK-RETIK DUNIA, ANGAN –ANGANLAH DILUAR DAN DIDALAM RAGAMU SELALU NAMA ALLAH.
BISA DIBUKTIKAN HASILNYA NIKMAT ATAU TIDAK !
KAU BISA MERASAKANNYA INILAH TATACARA KHUSUKNYA SHOLAT, KALAU KAU BISA, TENANGLAH JIWAMU DAN TIDAK MERANA, ATAU FIKIRANMU KELENCER KEMANA-MANA.


TATA CARA KHUSUKNYA DZIKIR
KAU BERWASILAHLAH DULU KEPADA :
NABI MUHAMMAD SAW
KELUARGA NABI MUHAMMAD, SAHABAT-SAHABAT NABI 25 DAN NABI KHIDIR.
MALAIKAT 10
WALI 9, MBAH ABI HASAN SADELI,SYEH ABDUL KHODIR ALJAELANI
AYAH DAN IBU
SEDULUR ISLAM SEDUNIA
DIRIMU SENDIRI

ITU NAMANYA NGAMAL KEPADA SAUDARA-SAUDARA SEMUA.KEMUDIAN BERDZIKIR KEPADA ALLAH DENGAN MENGHARAP RIDHONYA.
INI CARANYA DZIKIR KHUSUK, AKAL, FIKIRAN, RAGA DISURUH DIAM DAN YANG BEKERJA ROSO KAMU, MATA DHOHIR DAN MATA BATIN DISURUH MENATAP NAMA ALLAH, DIDEPAN KAMU NAMA ALLAH, DIHATI KAMU NAMA ALLAH, DIATAS KEPALAMU JUGA NAMA ALLAH, LALU MATA BATINMU MELIHAT MANIK MATAMU ADA NAMA ALLAH, DIATAS LIDAHMU NAMA ALLAH.
KALAU KAU BERDOA DITELAPAK TANGAN MU SEBELAH KANAN NAMA ALLAH, DAN TELAPAK KIRIMU NAMA MUHAMMAD. DAN RENUNGILAH SESUDAH BERDZIKIR KENIKMATANNNYA, DIBANDINGKAN IBADAHMU YANG DULU, BAGAIMANA HASILNYA, NIKMAT TIDAK?
KALAU TIDAK NIKMAT…. BOLEH TANYA PADA SI PENULIS.
INILAH YANG DINAMAKAN ISTIQOMAH,
INILAH…INILAH YANG DINAMAKAN IBADAH YANG HAKIKI YANG TIDAK DICAMPUR DENGAN KESERAKAHAN.YANG ADA HANYALAH DIRIMU DENGAN ALLAH SEMATA, RENUNGILAH YANG DALAM …..AMIN YA ALLAH.
INGAT SAUDARAKU, KALAU KAU INGIN SELAMAT INILAH RESEPNYA, UNTUK DUNIA DAN AKHIRAT NANTI KALAU KAU BISA INSYA ALLAH BISA BERTEMU DENGAN PENULIS.

SEJARAH NABI… SEJARAH WALI … BAGUS……..
SEJARAHMU BAGAIMANA KISANAK ?

GOLONGAN YANG TELAH MENDAPAT CAHAYA IMAN DAN TELAH DITARIK LANGSUNG OLEH ALLAH TANPA MELALUI KESUKARAN DAN KESULITAN DALAM BERDZIKIR MEREKA ITULAH ORANG –ORANG MADZUB

FIRMAN ALLAH (ALI IMRON : 74)
Allah menentukan rahmat-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah mempunyai karunia yang besar.


GOLONGAN INILAH YANG TELAH MENDAPAT KEKERAMATAN YANG DATANGNYA DARI ALLAH, SEHINGGA BISA SAMPAI KEPADA TAAT KEPADANYA. ADA LAGI GOLONGAN YANG MENDAPAT CAHAYA IMAN YANG DIPEROLEH DENGAN BERDZIKIR,GOLONGAN INI ADALAH GOLONGAN SALIK YAITU MEREKA MENGENAL ALLAH DENGAN MELALUI PERJUANGAN MELAWAN HAWA NAFSU.
JADI MEREKA MELAKUKAN DZIKIR UNTUK MENDAPATKAN CAHAYA IMAN DILALUI DENGAN SUSAH PAYAH AKHIRNYA MEREKA SAMPAI KEPADA KEKERAMATAN YANG DATANG DARI PADANYA.
GOLONGAN INI SEBAGAIMANA YANG TERSEBUT DALAM QUR’ AN

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) kami, benar- benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. dan Sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.


INI CARA KAMU CINTA KEPADA ALLAH :

DZIKIR KEPADA ALLAH ITU MENGIKUTI KEADAAN BATIN .

ARTINYA : TIDAK AKAN TERJADI/TERLAHIR DZIKIR KECUALI TIMBUL DARI PEMIKIRAN DAN PENGLIHATAN BATIN.

AMALAN YANG NAMPAK ITU SELALU MENGIKUTI GERAK GERIK BATINNYA/HATINYA, DAN DZIKIR ITU TERJADI KARENA ADA DORONGAN BATIN/HATINYA BAIK JAHAR (DHOHIR) MAUPUN SIRR (BATIN) UNTUK MENGHARAP KARUNIA DARI ALLAH.

INGAT WAHAI SAUDARAKU, DZIKIR ADALAH AMALAN YANG PALING UTAMA DAN TIDAK AKAN DITUNTUT DIHADAPAN ALLAH SWT, SEMENTARA AMALAN YANG LAIN MASIH DITELITI DAN DITUNTUT, KARENA DIA MENGERJAKAN PERINTAH-PERINTAH ALLAH SWT DAN RASULNYA BUKAN UNTUK ALLAH, TAPI UNTUK DIRINYA SENDIRI INGIN SANJUNGAN ORANG LAIN. KARENA DIA BELUM BISA MENEMPATI SIFAT IKHLAS DALAM BERIBADAH KEPADA ALLAH SWT.

HADITS :

SESUNGGUHNYA ORANG YANG PERTAMA AKAN DIADILI PADA HARI KIAMAT ADALAH` ORANG YANG MATI SYAHID, DIA AKAN DIHADAPKAN KEPADA ALLAH. MAKA ALLAH MEMPERLIHATKAN KENIKMATANNYA DAN IA PUN MENGAKUI KENIKMATAN ITU.
ALLAH SWT BERTANYA, APA YANG KAMU PERBUAT DENGANNYA? AKU BERPERANG KARENAMU, SEHINGGA AKU MATI SYAHID, ALLAH BERFIRMAN : KAMU DUSTA! KAMU BERPERANG AGAR INGIN DISEBUT PAHLAWAN! MAKA DIPERINTAHKAN AGAR ORANG ITU DISERET WAJAHNYA KEMUDIAN DICAMPAKKAN KEDALAM NERAKA.
KEMUDIAN SESEORANG YANG BELAJAR DAN MENGAJAR ILMU AGAMA DAN YANG SUKA MEMBACA ALQUR’AN DIHADAPKAN KEPADA ALLAH, MAKA ALLAH PERLIHATKAN KENIKMATAN KEPADANYA, DAN IAPUN MENGENAL KENIKMATAN TERSEBUT. ALLAH BERTANYA, APA YANG KAMU PERBUAT DENGANNYA? JAWABNYA AKU BELAJAR MENGAJAR, MEMBACA ILMU AL-QUR’AN KARENAMU (ALLAH) .ALLAH BERFIRMAN : KAMU DUSTA! KAMU BELAJAR DAN MENGAJAR SUPAYA DISEBUT ULAMA, DAN KAMU MEMBACA AL-QURAN SUPAYA DISEBUT QORI, DAN KAMU SUDAH MENDAPATKANNNYA. MAKA DIPERINTAHKAN AGAR ORANG ITU DISERET WAJAHNYA KEMUDIAN DICAMPAKKAN KE DALAM NERAKA.
DAN TERAKHIR ORANG YANG DIKARUNIAI HARTA KEKAYAAN OLEH ALLAH. MAKA ALLAH MEMPERLIHATKAN KENIKMATANNYA DAN IAPUN MENGENAL KENIKMATAN ITU. LALU ALLAH BERTANYA : APA YANG TELAH KAMU PERBUAT DENGAN KEKAYAANMU ITU ? DIA MENJAWAB : AKU TIDAK MEMBIARKAN SATU JALANPUN YANG PATUT DIBERI INFAK, KECUALI AKU INFAKKAN HARTAKU KARENAMU (ALLAH), ALLAH BERFIRMAN : KAMU DUSTA! KAMU BERBUAT DEMIKIAN SUPAYA DISEBUT DERMAWAN DAN KAMU TELAH MENDAPATKANNYA! MAKA DIPERINTAHKAN AGAR ORANG ITU DISERET WAJAHNYA KEMUDIAN DICAMPAKKAN KEDALAM NERAKA. (HR MUSLIM)

MAKA DARI ITU KISANAK, MARILAH BERDZIKIR TERUS MENERUS SEPERTI MENGALIRNYA AIR. KARENA INILAH KUNCI DARI SEGALA KUNCI IBADAH, DAN INILAH PERINTAH ALLAH SWT .

FIRMAN ALLAH SWT (QS AR RA’D 28 )
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, Hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

FIRMAN ALLAH SWT (QS ALBAQARAH :152)
Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

FIRMAN ALLAH SWT (QS AL ANKABUT 45)
Sesungguhnya mengingat Allah adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain).

FIRMAN ALLAH SWT (QS AL BAQARAH 200)
Apabila kamu Telah menyelesaikan ibadah hajimu, Maka berdzikirlah dengan menyebut Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu atau (bahkan) berdzikirlah lebih banyak dari itu.


FIRMAN ALLAH SWT (QS AN NISA 103)
Maka apabila kamu Telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring.


FIRMAN ALLAH SWT (QS ALI IMRON 191)
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan Ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, Maka peliharalah kami dari siksa neraka.

FIRMAN ALLAH SWT (QS AL A’RAAF : 180)
Hanya milik Allah asmaa-ul husna, Maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu


FIRMAN ALLAH SWT (QR AZ-ZUMAR:22)
Maka Kecelakaan yang besarlah bagi mereka yang Telah membatu hatinya untuk mengingat Allah. mereka itu dalam kesesatan yang nyata.


FIRMAN ALLAH SWT (QR ALMUNAFIKUN 9)
Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. barangsiapa yang berbuat demikian Maka mereka Itulah orang-orang yang merugi.


DARI ABU HURAIRAH, RA. RASULULLAH SAW BERSABDA : ALLAH SWT BERFIRMAN DALAM HADITS QUDSI : AKU TERGANTUNG PERSANGKAAN HAMBAKU KEPADAKU, DAN AKU BERSAMANYA JIKA IA MENGINGATKU.JIKA IA MENGINGATKU DALAM HATINYA, AKUPUN INGAT KEPADANYA DALAM HATIKU. DAN JIKA IA MENGINGATKU DALAM SUATU MAJLIS, AKUPUN MENGINGATNYA DALAM SUATU MAJLIS YANG LEBIH BAIK DARI PADA MEREKA. DAN JIKA DIA MENDEKATIKU SEJENGKAL, AKU AKAN MENDEKATINYA SEHASTA. DAN JIKA DIA MENDEKATIKU SEHASTA, AKU AKAN MENDEKATINYA SEDEPA. DAN JIKA DIA MENDEKATIKU DENGAN BERJALAN MAKA AKU AKAN MENDEKATINYA DENGAN BERLARI. (BUKHORI, MUSLIM, AHMAD)

TATA CARA KHUSUKNYA HIDUP (Part-3)
WAHAI KISANAK INGAT INI :

QUR’AN NUR 40 :
Dan barangsiapa yang tiada diberi cahaya oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun.


QUR’AN SURAT AL-AN’AM 122 :
Dan apakah orang yang sudah mati kemudian dia kami hidupkan dan kami berikan kepadanya cahaya yang terang, yang dengan cahaya itu dia dapat berjalan di tengah-tengah masyarakat manusia, serupa dengan orang yang keadaannya berada dalam gelap gulita yang sekali-kali tidak dapat keluar dari padanya?.

NABI MUHAMMAD SAW, SELALU BERDOA :

YA ALLAH, BERIKANLAH NUR DALAM DAGINGKU, NUR PADA TULANG-TULANGKU, NUR PADA HATIKU, NUR PADA URAT URATKU, NUR PADA RAMBUTKU, NUR PADA KULITKU, NUR PADA MATAKU, NUR PADA TELINGAKU, NUR DARI ATASKU, NUR DARI BAWAHKU, NUR DARI KANANKU, NUR DARI KIRIKU, NUR DARI DEPANKU, NUR DARI BELAKANGKU, DAN JADIKANLAH SEMUA DALAM DIRIKU NUR (CAHAYA) DAN JADIKANLAH DIRIKU SEBAGAI NUR.


INGAT INI WAHAI SAUDARAKU, HATI NURANI MANUSIA ITU PASTI TIDAK AKAN MAMPU MEMPEROLEH APAPUN, JIKALAU IA MENUNTUT BUKTI TENTANG ALAM GHOIB, KHODIM, MALAKUT, SEBAGAI MANA WAKTU SIANG TERANG BENDERANG, SEMENTARA DIRINYA MASIH BERLUMURAN DENGAN NAFSU-NAFSU DUNIA, PANDANGANNYA MASIH TERTUJU KEPADA CIPTAAN, BUKAN KEPADA KHOLIK (PENCIPTANYA) , PENDENGARANNYA MASIH TERBUAI DENGAN SYAHWAT-SYAHWAT DUNIA, BUKAN KEPADA PEMBUAT DUNIA, MULUTNYA BERBICARA TENTANG MANISNYA CIPTAAN BUKAN PENCIPTANYA.
SADARLAH KISANAK, DEKATKANLAH DIRIMU SEDEKAT DEKATNYA SELAGI KAMU MASIH BERNAFAS, DENGAN DZIKIR TERUS MENERUS, SEHINGGA ALLAH SWT MENCINTAIMU, MENYANYANGIMU, MEMULIAKANMU DAN AKHIRNYA TAHU SENDIRI WAHAI SAUDARAKU….

ALLAH SWT BERFIRMAN :
JADILAH KAMU DI DUNIA INI SEPERTI ORANG ASING.

ANGGAPLAH KAMU HIDUP DI DUNIA INI SEPERTI SEORANG PERANTAU, KARENA DUNIA INI BUKAN TEMPAT TINGGALMU YANG SEBENARNYA DAN SEBENTAR LAGI PASTI KAU TINGGALKAN, MAKA DARI ITU PANDAI-PANDAILAH MENELITI HIDUP.

FIRMAN ALLAH (QS AL ANBIYA’ 35)
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). dan Hanya kepada kamilah kamu dikembalikan.

FIRMAN ALLAH (QS. AZ-ZUMAR :10)
Sesungguhnya Hanya orang-orang yang Bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.

FIRMAN ALLAH :

SESUNGGUHNYA ORANG–ORANG YANG MENGATAKAN : TUHAN KAMI ADALAH ALLAH KEMUDIAN MEREKA MENEGUHKAN PENDIRIANNYA, MAKA MALAIKAT AKAN TURUN KEPADA MEREKA DENGAN MENGATAKAN : JANGANLAH KAMU MERASA TAKUT DAN JANGANLAH KAMU MERASA SEDIH DAN BERGEMBIRALAH KAMU DENGAN MEMPEROLEH SURGA YANG TELAH DIJANJIKAN ALLAH KEPADAMU.
KAMILAH PELINDUNG-PELINDUNGMU DALAM DUNIA DAN AKHIRAT, DIDALAMNYA KAMU MEMPEROLEH APA YANG KAMU INGINKAN DAN ( MEMPEROLEH ) PULA DI DALAMNYA APA YANG KAMU MINTA.

KALIAN MENCINTAI JIWA PADAHAL JIWA ITU MILIK HAWA NAFSU
KALIAN MENCINTAI HARTA SEDANGKAN HARTA ITU MILIK AHLI WARIS.
KALIAN MENCINTAI RUH SEDANGKAN RUH ITU MILIK ALLAH.

BAHWASANYA BAGI TIAP SESUATU ADA ALAT UNTUK MENSUCIKAN DAN ALAT UNTUK MENSUCIKAN HATI ADALAH DENGAN DZIKRULLAH.
DISINI ORANG DZIKIR ISMU DZAT (ALLAH) 5000 X . ALLAH AKAN MENSUCIKAN HATI . PADA TINGKAT INI HATI DIISI DENGAN IMAN, IHSAN, ISLAM, TAUHID DAN MAKRIFAT DUNIA DAN ALAM GHOIB YANG LANGGENG SELAMANYA.

MACAM DZIKIR :
FIRMAN ALLAH SWT (QS ALBAQARAH 186)
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat.


FIRMAN ALLAH SWT (QS QAAF 16)
Dan Sesungguhnya kami Telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya

FIRMAN ALLAH SWT (QS AL HADIID 4)
an DIA (ALLAH) bersama kamu di mana saja kamu berada. dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.


1. DZIKIR LISAN ATAU DISEBUT JUGA DZIKIR NAFI ISBAT YAITU UCAPAN :
LAA ILAHA ILLALLAH

DZIKIR MAKANAN UTAMA LISAN /LIDAH: ALLAH DAN LAA ILAHA ILLALLAH
MULA- MULA DIUCAPKAN PELAN-PELAN SAMPAI MERESAP DALAM HATI DAN LAMBAT, KEMUDIAN MAKIN LAMA MAKIN CEPAT SAMPAI MERESAP PADA DIRI DAN TERASA
ENAKNYA DZIKIR KESELURUH BAGIAN TUBUH.
DZIKIR NAFI ISBAT INI DISEBUT JUGA DZIKIR JAHAR / NYATA KARENA DIUCAPKAN LISAN SECARA NYATA.
DISEBUT NAFI ISBAT : KARENA DZIKIR INI MENAFIKAN SEGALANYA, DINISBATKAN KE ALLAH


2. DZIKIR QOLBU/HATI

ALLAH ALLAH

DZIKIR INI DISEBUT JUGA DZIKIR ASAL DAN KEBESARAN, JUGA SERING DISEBUT ISMUDZAT KARENA LANGSUNG MENYEBUT NAMA DZAT.
DZIKIR ISMUDZAT INI MAKANAN UTAMA HATI.

CARANYA : MULA-MULA MULUT BERDZIKIR ALLAH...ALLAH...ALLAH
DIIKUTI HATI , KEMUDIAN DARI HATI KE MULUT, LALU LIDAH BERDZIKIR SENDIRI TERUS DENGAN DZIKIR TANPA SADAR, KEKUASAAN AKAL TIDAK BERJALAN MELAINKAN SEBAGAI ILHAM YANG DATANG SECARA TIBA-TIBA NUR ILAHI TERBIT DIDALAM HATI MEMBERITAHUKAN INANI ANALLAH AKU INILAH YANG KAU SEBUT, HATI , MULUT HINGGA LIDAH BERGERAK SENDIRI MENGUCAPKAN ALLAH ALLAH.
PADA TINGKAT INI DZIKIR MERESAP TERUS PADA DIRI, DIMANA SAJA DZIKIR.SUDAH TERASA DISELURUH BAGIAN TUBUH DAN TERASA RINGAN, ENAK, NIKMAT, SEHINGGA KADANG KADANG TERJADILAH JANDAB (HANYA INGAT ALLAH).

3. DZIKIR SIRR (RAHASIA) / ISARAT DAN NAFAS


HU... HU ATAU HUWA… HUWA

BIASANYA ORANG SEBELUM SAMPAI DZIKIR INI SUDAH DALAM KEADAAN FANA,SEHINGGA PERASAAN ANTARA DIRI DENGAN DIA SUDAH MENJADI SATU, DENGAN KATA LAIN PERASAAN KEINSANAN SUDAH LENYAP DALAM KEBAQAAN ALLAH, BERSATU ANTARA ABID DAN MA’BUD, TETAPI DALAM HAL INI ORANG YANG BELUM MERASAKANNNYA BELUMLAH MENGETAHUINYA.
DZIKIR INI MAKANAN UTAMA SIR (RAHASIA) OLEH KARENA BERSIFAT RAHASIA MAKA TIDAKLAH SANGGUP LIDAH UNTUK MENGURAIKANNYA DENGAN KATA-KATA, DAN SETIAP ORANG AKAN MENGETAHUINYA SENDIRI APABILA TELAH MENGALAMINYA SENDIRI WAHAI SAUDARAKU .
INI YANG DICARI SEDUNIA, KALAU KAU SUDAH TAHU YA LULUS DAN WISUDA WAHAI SAUDARAKU…BERHASILLAH KAU DIMUKA BUMI INI.

INGAT INI RAMBU RAMBUNYA:
1. JANGAN SOMBONG
2. JANGAN RESAH / BERSEDIH HATI
3. JANGAN RAKUS/ SERAKAH

ORANG YANG BAIK ITU MENERIMA APA ADANYA PEMBERIAN DARI ALLAH.
DALAM MENGHADAPI HIDUP INI SELALU SYUKUR (ALHAMDULILLAH), RIDHO TERHADAP APA YANG DIBERIKAN ALLAH, AKHIRNYA ALLAH RIDHO KEPADAMU KISANAK…

FIRMAN ALLAH (QS AL KAHFI 110)
Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, Maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya.

MENURUT AYAT INI SESEORANG BILA INGIN MENCAPAI PERJUMPAAN DENGAN ALLAH, ADA DUA KEWAJIBAN YANG HARUS DIJALANKAN :
1. MENGERJAKAN AMAL SHOLEH DENGAN MENINGGALKAN SEMUA SIFAT–SIFAT TERCELA DAN MENETAPKAN SIFAT SIFAT TERPUJI. DALAM ISTILAH SUFI “TAKHALLI TAJALI”.
2. MEMFANAKAN DIRI ARTINYA MENIADAKAN SEGALA SESUATU TERMASUK DIRINYA, SEHINGGA YANG ADA HANYALAH ALLAH SEMATA.

SEORANG SUFI AKAN DAPAT MENCAPAI MAKRIFAT BILLAH BILA TELAH DEKAT DENGAN ALLAH DAN IA AKAN SEMAKIN TINGGI TINGKATANNYA BILA IA TERLEBIH DAHULU MENGHANCURKAN DIRINYA YAITU MENGHANCURKAN SEGALA SIFAT-SIFAT KEHEWANAN YANG PENUH HAWA NAFSU DAN DIPENUHI TABIAT SYAITAN YANG TAK TERASA. KEMUDIAN MENETAPKAN SIFAT-SIFAT TERPUJI YANG SELALU MENDAPAT CAHAYA RABBANIYAH YANG SELALU MENGARAH PADA KEBAIKAN YANG BERTUJUAN UNTUK MEMPEROLEH RIDHO ALLAH.

SEBAGAIMANA NABI MUSA MENCARI RIDHO ALLAH :
ALLAH BERFIRMAN :
YA TUHANKU BAGAIMANA CARANYA AGAR AKU SAMPAI KEPADAMU (ALLAH) ALLAH BERFIRMAN TINGGALKAN DIRIMU, LENYAPKAN DIRIMU DAN KAMU BARU KEMARI.
INGAT WAHAI SAUDARAKU…….KALAU KAU BISA MENINGGALKAN DIRIMU PASTILAH KAU LULUS…WISUDA.


TATA CARA KHUSUKNYA HIDUP (Part-4)
FIRMAN ALLAH (QS AL HASR 23)
Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, raja, yang Maha suci, yang Maha Sejahtera, yang Mengaruniakan Keamanan, yang Maha Memelihara, yang Maha Perkasa, yang Maha Kuasa, yang memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

FANA FIL ASMA

TIADA YANG PATUT DIPUJI MELAINKAN ALLAH.

FANA PADA TINGKAT INI, SESEORANG SUDAH LEBIH DALAM SITUASI FANANYA. SEGALA SIFAT-SIFAT KEINSANANNYA LENYAP DARI ALAM WUJUD YANG GELAP INI MASUK KE DALAM ALAH GHOIB. INILAH YANG DICARI ORANG SEDUNIA, CARILAH SAMPAI KETEMU…WAHAI SAUDARAKU !!!

FIRMAN ALLAH

ARTINYA : TIADA WUJUD SECARA MUTLAK MELAINKAN ALLAH.

FANA PADA TINGKAT KE EMPAT INI SESEORANG TELAH MEMPEROLEH PERASAAN BATIN PADA SUATU KEADAAN YANG TAK BERISI, TIADA LAGI KANAN DAN KIRI, TIADA LAGI MUKA DAN BELAKANG. TIADA LAGI ATAS DAN BAWAH PADA RUANG YANG TAK TERBATAS DAN TIADA BERTEPI.
DIA TELAH LENYAP PADA DIRINYA SAMA SEKALI. DALAM SETIAP KEADAAN HANYA DALAM KEBAQAAN ALLAH SEMATA.
SECARA RINGKAS DAPAT DISIMPULKAN BAHWA SEGALA-GALANYA TELAH HANCUR LEBUR KECUALI WUJUD YANG MUTLAK. JIKA SUDAH MERASAKAN KEADAAN BEGINI, AKHIRNYA KAMU AKAN TAHU ASAL USULMU YANG SEBENARNYA..AKHIRNYA KAMU AKAN LULUS UJIAN DI DUNIA INI.
INGAT DUNIA INI TEMPAT BERLOMBA, SIAPAKAH YANG TERPILIH BESOK!!!


CARA-CARA MENDAPATKAN KERIDHOAN ALLAH TA’ALA.

CARA DASAR MEMBINA RAGA :
1. ANGGAPLAH DUNIA INI SEPI SEKALI. YANG ADA ADALAH DENGAN ALLAH. DAN KAMU AKHIRNYA TIDAK MERASAKAN KURANG KARENA YANG ADA HANYA RASA CUKUP DAN TIDAK MERASA RESAH.
2. KAMU HARUS TAAT KEPADA ALLAH. TAAT KEPADA GURU DAN KEDUA ORANG TUA, APA YANG MENJADI PERINTAHNYA HARUS DI TAATI. KARENA SEMUA INI ADALAH PETUGASNYA ALLAH UNTUK DISURUH MEMBINA, SUPAYA KELAK SELAMAT DUNIA DAN AKHIRAT.
3. SELAMA HIDUP DI DUNIA, KAMU AKAN TERUS DIUJI OLEH ALLAH. ADA BENAR DAN ADA SALAH. ADA MEMBANGUN PASTI ADA KERUSAKAN. ADA BAGUS DAN ADA JELEK. ADA SENANG DAN ADA SUSAH. ADA PINTAR JUGA ADA BODOH. ADA KAYA DAN MISKIN. ADA PEJABAT ADA BURUH. ADA SENANG DAN ADA TIDAK SENANG. ADA KELEBIHAN DAN ADA KEKURANGAN. ADA TINGGI DAN ADA PENDEK. ADA PUNYA DAN TIDAK PUNYA. ADA BICARA DAN ADA BISU. ADA LANGIT DAN ADA BUMI. ADA SIANG DAN ADA MALAM. ADA MANUSIA DAN ADA JIN, SETAN, IBLIS, HEWAN DAN PEPOHONAN. ADA AIR DAN ADA API. ADA TERTAWA DAN ADA MENANGIS. ADA AWAM DAN ADA MA’RIFAT. SEMUA INI TELITILAH YANG DALAM. SEMUA INI DARI SIAPA UNTUK SIAPA. PIKIRLAH SEDALAM-DALAMNYA. HINGGA AKHIRNYA KAMU TAHU SUMBER ASAL MUASAL SEMUA INI. INI SEMUA DI BUAT UNTUK MENGUJI KAMU DI DUNIA INI. INGAT BENAR DAN SALAH ITU SUDAH DI MATA DAN TELINGA. KESUKAANNYA MATA ITU ADALAH MELIHAT YANG BAGUS DAN TEMPAT YANG TERANG. SEDANGKAN WATAKNYA TELINGA SIFATNYA MENYETUJUI GERAKNYA MATA. SEBENARNYA KAMU DISURUH MENYELAMATKAN TINGKAH LAKU MATA DAN TELINGA SERTA LIDAH AGAR TAAT PADA PERINTAH ALLAH.

INGAT INI, ADA ORANG MEMELIHARA BURUNG 10 EKOR JUMLAHNYA. 3 BURUNG BERKICAU TANPA ARAH, YANG 3 LAGI PENDIAM DAN YANG 3 LAGI MAU BERKICAU KALAU DIKASIH MAKAN JIKA TIDAK DIKASIH MAKA AKAN DIAM. SEDANG 1 BURUNG SENANTIASA BERKICAU INDAH BAIK ADA MAKANAN ATAUPUN TIDAK. MAKA KAMU PILIH YANG MANA KISANAK..?

FIRMAN ALLAH SWT YANG ARTINYA: BARANG SIAPA MENGENAL DIRI PRIBADINYA MAKA DIA AKAN MENGENAL RABBNYA (ALLAH) .

JADI KUNCI MENGENAL ADANYA ALLAH ADALAH KENALILAH DIRI PRIBADIMU DHOHIR DAN BATIN.

FIRMAN ALLAH SWT (QS AD DZAARIYAT 21)
Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?


WALIYULLAH DAN KAROMAHNYA

FIRMAN ALLAH (QS YUNUS 62,63,64)

62. Ingatlah, Sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
63. (yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.
64. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan} di akhirat. tidak ada perobahan bagi kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. yang demikian itu adalah kemenangan yang besar.


DARI ABU HURAIRAH R.A BERKATA :RASULULLAH SAW BERSABDA : DIANTARA HAMBA-HAMBA ALLAH TERDAPAT ORANG YANG DISENANGI PARA NABI DAN SYUHADA DITANYA : SIAPAKAH MEREKA WAHAI RASULULLAH ? MEREKA ADALAH SEGOLONGAN MANUSIA YANG BERKASIH SAYANG KARENA ALLAH, BUKAN KARENA HARTA MAUPUN TURUNAN, WAJAH–WAJAH MEREKA MERUPAKAN NUR DIATAS MENARA BERUPAKAN NUR ATAS MENARA CAHAYA. MEREKA TIDAK TAKUT BILA MANUSIA TAKUT, MEREKA TIDAK SUSAH DIKALA MANUSIA SUSAH.

KITA HARUS YAKIN, BAHWA MANUSIA YANG DIANGKAT SEBAGAI WALI ALLAH ITU MEMANG ADA DAN MEREKA ADALAH ORANG-CRANG YANG BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA ALLAH, MEREKA TELAH DITEMPA OLEH ALLAH SWT DALAM MENGHADAPI UJIAN HIDUP DENGAN BERBAGAI UJIAN-UJIAN SAMPAI AKHIRNYA TIDAK ADA KETAKUTAN DAN KESEDIHAN. MEREKA SELALU BERBUAT DAN BERTINDAK SESUAI DENGAN SYARIAT YANG TELAH DIGARISKAN OLEH ALLAH,DISAMPING MENDAPATKAN LIMPAHAN KARUNIA YANG UMUMNYA DIATAS KEKERAMATAN DARI ALLAH.

INGAT INI PESANKU, KALAU KAMU INGIN MERAIH KESUKSESAN DUNIA DAN AKHERAT NANTI. BEGINI CARANYA, KAMU HARUS MEMPUNYAI SIFAT JANGAN PERNAH MERASA BISA TAPI KAMU HARUS PUNYA RASA BISA RUMONGSO. KARENA YANG PUNYA RASA BISA ADALAH HANYA ALLAH SEMATA. JADI KAMU HANYA MINTA RIDHONYA SAJA. INI CONTOH CARANYA JADI HAMBA ALLAH YANG AHLI IBADAH, KAMU BERJALAN DI JALAN YANG LURUS MENUJU JALAN ALLAH, LALU BEKAS JALAN KAKIMU SEHARI SEMALAM TENGOKLAH KE BELAKANG. LALU TELITILAH PERJALANANMU TADI. YANG BENAR ADA BERAPA DAN YANG SALAH ADA BERAPA. KALAU SUDAH TAHU, INGAT INI LAKU YANG BENAR ADALAH DARI ALLAH DAN LAKU YANG SALAH ADALAH DARI SETAN ATAU JIN DAN IBLIS. TINGGAL KAMU PILIH YANG MANA JALAN YANG AKAN KAMU TEMPUH. KISANAK.
INI JALAN YANG BENAR SHALAT, PUASA, ZAKAT DAN HAJI, CARA LAKU IBADAH INI ADALAH PERINTAH DARI ALLAH. LIDAHMU LUAR DALAM HARUS SELALU KAMU BUAT DZIKIR MENYEBUT NAMA ALLAH. ORANG YANG BERDZIKIR ITU MUTLAK MASUK SURGA, INI ADALAH JANJI ALLAH. TAPI SYARATNYA JANGAN PERNAH MENYOMBONGKAN DIRI. KAMU HARUS MENERIMA APA ADANYA PEMBERIAN DARI ALLAH, ILMU SEDIKIT ATAU BANYAK, HARTA SEDIKIT ATAU BANYAK. SYARATNYA :
1. MENGALAH
2. PASRAH ATAS KETETAPAN ALLAH
3. MENERIMA PEMBERIAN ALLAH
4. BERSANDAR PADA ALLAH
AKHIRNYA KAMU AKAN MENANG IKUT BERLOMBA DI DUNIA INI. PAHAMILAH TINGKAH LAKUMU SEHARI-HARI, KALAU KAMU BISA KAMU PASTI LULUS, KISANAK.

FIRMAN ALLAH :

ALLAH MEMULIAKAN DENGAN TIGA KEHORMATAN KEMULIAAN. YAITU ALLAH MENJADIKAN ENGKAU SEBAGAI ORANG YANG BERDZIKIR KEPADA ALLAH.
SEANDAINYA TIDAK ADA ANUGERAHNYA TIDAKLAH ENGKAU TERMASUK ORANG YANG AHLI BERDZIKIR KEPADANYA DAN ALLAH MENJADIKAN ENGKAU TERKENAL SEBAB DENGAN BERDZIKIR ITU KARENA DIALAH YANG MENETAPKAN KEKHUSUSANNYA (KEKERAMATAN) KEPADAMU DAN ALLAH MENJADIKAN KAMU SEBAGAI ORANG YANG DI KENAL DI SISINYA. MAKA DENGAN DEMIKIAN SEMPURNALAH NIKMAT YANG MELIMPAH KEPADAMU.

ALLAH TELAH MEMULIAKAN HAMBANYA DENGAN TIGA KEHORMATAN, YAITU :
1. HAMBA DIJADIKAN SEBAGAI ORANG YANG AHLI BERDZIKIR. DALAM HATI SELALU MENGINGAT ALLAH DI MANA SAJA DIA BERADA DAN SELALU TAAT DENGAN PERINTAH-PERINTAH-NYA. ANDAIKAN TIDAK ADA ANUGERAH DAN KARUNIA ALLAH TENTU DIA TIDAK AKAN JADI ORANG YANG AHLI BERDZIKIR.
2. HAMBA ITU MENJADI TERKENAL NAMANYA DI KALANGAN MANUSIA DISEBABKAN KARENA DZIKIRNYA. MISALNYA, DI SEBUT SEBAGAI WALI ALLAH ( KEKASIH ALLAH ). NABI MUHAMMAD, SAW – PUN TERMASUK ORANG YANG TELAH MENDAPAT KEHORMATAN DARI ALLAH. DI MANA-MANA TELAH TERKENAL DI KALANGAN UMMAT SELURUH DUNIA HINGGA AKHIR JAMAN. NAMANYA SELALU DISEBUT-SEBUT DAN DISEJARAHKAN DENGAN ASMA ALLAH YANG DISEBUT-SEBUT OLEH UMMAT ISLAM SELURUH DUNIA SAAT MENEGAKKAN SHOLAT MAUPUN DI LUAR SHOLAT.

FIRMAN ALLAH (ALAM NASYRAH : 4),
Dan kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu

FIRMAN ALLAH. (AN-NUR : 40)
(dan) barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun.


HATI NURANI MANUSIA ITU PASTI TIDAK AKAN MAMPU MEMPEROLEH SESUATU APAPUN JIKA DIA TETAP MENUNTUT BUKTI MENGAPA WAKTU SIANG ITU TERANG BENDERANG. SIAPA YANG MEMBUATNYA?


FIRMAN ALLAH (AL-BAQARAH : 152)
Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

FIRMAN ALLAH(AL-ANKABUT :45)
dan Sesungguhnya mengingat Allah adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain)


FIRMAN ALLAH

ARTINYA : MANUSIA TAUBAT DARI DOSA-DOSA MEREKA TETAPI AKU TOBAT DARI UCAPANKU TIADA TUHAN SELAIN ALLAH. KARENA DALAM HAL INI AKU MEMAKAI ALAT DAN HURUF. SEDANG ALLAH AL-HAQ TIDAK DAPAT DIJANGKAU DENGAN HURUF DAN ALAT.

ARTINYA : MA’RIFAT IALAH LENYAP SEGALA YANG LAIN KARENA YANG NAMPAK TUHAN YANG MAHA ESA YANG BAQA’

FIRMAN ALLAH SWT ( QS ALAQAAF 16 )
Mereka Itulah orang-orang yang kami terima dari mereka amal yang baik yang Telah mereka kerjakan dan kami ampuni kesalahan-kesalahan mereka, bersama penghuni-penghuni surga, sebagai janji yang benar yang Telah dijanjikan kepada mereka.

FIRMAN ALLAH SWT (QS QAAF 16 )
Dan Sesungguhnya kami Telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya,




FIRMAN ALLAH (QS. AR-RAHMAN : 26-27).

26. Semua yang ada di bumi itu akan binasa.
27. Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.



ARTINYA : BARANG SIAPA MENGHIASI DIRINYA DENGAN MUJAHADAH NISCAYA ALLAH AKAN MEMPERBAIKI SIR HATINYA DENGAN MUSAHADAH. PADA HAKIKATNYA MUSAHADAH ITU ADALAH MERASAKAN ADANYA KEHADIRAN DENGAN ALLAH. DALAM HATI SESEORANG ATAU HATINYA MERASAKAN BERHADAPAN DENGAN ALLAH DAN BERSAMA ALLAH ATAU YANG DINAMAKAN HUDLURUL QALBI. MENGINGAT ALLAH DENGAN SEPENUH HATI ARTINYA DENGAN HATI YANG KHUSYU’ SAAT MELAKUKAN DZIKIRULLAH DAN BERTAQARRUB KEPADA ALLAH.


ARTINYA : TIADA TERTUTUP DARI SIFAT-SIFAT GHOIB SETELAH ITU BARULAH SESEORANG DAPAT MENCAPAI TINGKAT AL-MUSAHADAH


ARTINYA : AL-MUSAHADAH ADALAH TAMPAKNYA AL-HAQQU TA’ALA DI MANA ALAM PERASAAN SUDAH TIADA

DALAM KITAB IQODHUL HIMAM DIKATAKAN

ARTINYA : AL-MUSAHADAH ADALAH TERBUKANYA HIJAB ALAM PERASAAN DARI PANCARAN NUR YANG SUCI YAITU TERSINGKAPNYA TABIR PEMELIHARAAN ALAM WUJUD, KETIKA ITU ENGKAU MELIHAT DZATULLAH DALAM GHOIB, ALAM MALAKUT DAN ALLAH MELIHAT KAMU DALAM ALAM WUJUD,ALAM MULKIHI. KETIKA ITU ENGKAU MELIHAT RAHASIA KETUHANNYA DAN ALLAHPUN MELIHAT PENGABDIAANMU DAN ADAPUN PANDANGAN TUHAN TERHADAP HAMBANYA ADALAH MELIHAT ILMUNYA,AHWALNYA DAN RAHASIA-RAHASIANYA.
MAKSUDNYA ADALAH ALLAH MENGETAHUI APA SAJA YANG DIKETAHUI HAMBANYA.DAN APA SAJA YANG DIPERBUAT HAMBANYA DAN APAPUN YANG TERGORES DALAM HATI SANUBARI HAMBANYA. ADAPUN TERJADINYA MUSAHADAH ADALAH DENGAN ADANYA NUR MUSAHADAH YANG TERPANCAR DALAM HATI SESEORANG DAN TERJADINYA MUSAHADAH INI MELALUI TIGA TAHAP.

1. NUR MUSAHADAH PERTAMA :
YANG MEMBUKAKAN JALAN DEKAT KEPADA ALLAH,TANDA-TANDANYA SESEORANG MERASA MURAQABAH (BERINTAIAN DENGAN ALLAH).
2. NUR MUSAHADAH KEDUA :
TAMPAKNYA KEADAAN ADAMIAH,YAKNI HILANGNYA MAUJUD LEBUR,KEDALAM WUJUD YANG HAQ DAN BAGINYA WUJUD YANG HAKIKI.
3. NUR MUSAHADAH KETIGA :
TAMPAKNYA DZATULLAH YANG MAHA SUCI,DALAM HAL INI BILA SESEORANG TELAH FANA MAKA SEMPURNALAH YAITU DIRINYA TELAH LEBUR DAN YANG BAQA HANYALAH WUJUD YANG HAQ.

MUSAHADAH INI MASUK PADA HATI SESEORANG HAMBA ALLAH YANG TELAH MELAKUKAN FIL IBADAH DENGAN CARA MEMFANAKAN DIRI TERLEBIH DAHULU MENGIKHLASKAN DIRINYA DALAM BERIBADAH DAN MENGHILANGKAN SIFAT-SIFAT YANG MENJADI PENGHALANGNYA .

MUSAHADAH DAPAT DICAPAI MELALUI PINTU MATI, SABDA NABI MUHAMMAD SAW :

MATILAH ENGKAU SEBELUM ENGKAU MATI

DALAM KITAB HIKAM ABU MUJAM DIKATAKAN :

BARANG SIAPA YANG TIDAK MERASAI MATI NISCAYA IA TIDAK DAPAT MELIHAT MUSAHADAH AL HAQQU TA’ALA.
DALAM HAL INI YANG DIMAKSUD MATI ADALAH HIDUPNYA HATI DAN MATINYA HAWA NAFSU.

KISANAK ,KALAU KAMU BERSIH BARU KAU TAHU YANG KAMU CARI SELAMA INI….AKHIRNYA …MUROB …BERCAHAYA DIRIMU…SELAMAT BERJUANG KISANAK…..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar