Minggu, 01 November 2009

Adil terhadap diri dan keluarga




بسم الله الرحمن الرحيم

Dan wajib bagi kamu untuk berlaku adil kepada orang-orang yang berada di bawah asuhanmu, baik berkenaan dengan makna adil secara umum ataupun khusus, dan menjaga mereka dengan penjagaan yang sebenar-benarnya dan membimbing mereka, karena الله SWT akan bertanya kepadamu Perihal mereka . Bukankah setiap penggembala akan dipertanyakan tentang gembalaannya, terutama yang khusus yaitu gembalaanmu anggota badanmu yang tujuh macam seperti lisan, pendengaran, pemglihatan, perut, alat kelamin, tangan dan kaki.

Karena sesungguhnya ketujuh anggota badan ini adalah gembalamu yang dipercayakan kepadamu الله untuk digembala dan Merupakan Amanat yang dipercayakan kepadamu. Maka wajib bagi kamu-wahai diriku-untuk khusus untuk perjalanan dinas tersebut dari Amanat menghianatinya dan menggunakannya untuk melaksanakan thaat kepada-Nya. Sesungguhnya الله SWT Menciptakan untukmu anggota badan tersebut agar kamu dapat melaksanakan ta'at kepada-Nya dan itulah sebesar-besar الله ni'mat yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur atasnya serta tidak mempergunakannya untuk bermaksiyat kepada-Nya. Jika engkau Meninggalkan dari hal yang demikian Sehingga tidak mempergunakan Sebagaimana mestinya, maka sesungguhnya engkau telah ni'mat الله Mengganti dengan kekufuran.

Jika bukan karena الله menundukkan anggota badan dan memaksa mereka untuk patuh kepadamu Niscaya kamu tidak dapat mempergunakan mereka untuk bermaksiyat kepada-Nya. Dan setiap anggota badan tersebut akan berkata kepadamu "Apabila engkau akan mempergunakan semua ini untuk hamba wahai الله bermaksiyat maka takutlah kepada-Nya dan jangan engkau buat diriku engkau benci Sehingga pergunakan untuk Melakukan perbuatan yang diharamkan الله. Jika engkau bermaksiyat kepada الله maka engkau akan kembali kelak Denganku Bertemu dan akan aku katakan, ' "Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku telah melarangnya akan tetapi ia tidak Mendengarkan, maka aku bebas darinya atas apa yang telah ia perbuat."'

Maka barang kali kelak engkau akan berdiri dihadapan anggota badanmu الله Sehingga dapat berkata dan menjadi saksi atas apa yang engkau perbuat Beberapa dari perbuatan baikmu. Dan takutlah kamu-wahai diriku-mempergunakan anggota badan daripada perbuatan buruk demi untuk Menghadapi hari yang tiada keraguan padanya (hari kiyamat). Tiadalah bagimu tempat berlari pada hari itu, demikian pula tiada tempat berlindung pada hari yang pada hari itu tiada bermanfaat harta benda dan anak keturunan, kecuali mereka yang datang menghadap الله dengan hati yang saliim.

Adapun yang dimaksudkan dengan makna gembalaan secara umum adalah orang-orang yang الله jadikan mereka berada di bawah kekuasaanmu seperti anak-anak, isteri dan hamba sahaya. Maka mereka semua adalah gembalaanmu. Oleh karena itu wajib bagi kamu-wahai diriku-untuk membimbing mereka untuk menegakkan apa yang difardhukan الله Beberapa dari mereka atas perbuatan ta'at, dan mendidik mereka tentang apa yang diharamkan الله Beberapa dari perbuatan maksiyat kepada-Nya. Dan takutlah Meninggalkan membiarkan mereka hal yang wajib dan Mengerjakan yang haram dan ajaklah mereka pada jalan keselamatan dan kebahagiaan mereka di akhirat. Dan didiklah mereka dengan budi pekerti yang baik dan jangan tanamkan ke dalam hati mereka hubbuddunya (cinta dunia) dan kesenangan-kesenangannya Sehingga yang demikian itu akan menyebabkan keburukan bagi mereka. Sungguh telah datang penjelasan bahwasanya ahlulbait / anggota keluarga kelak akan berkata dihadapan الله "Wahai Tuhanku, sesungguhnya dia tidak memberitahu kepadaku apa yang Engkau wajibkan atasku Beberapa dari hak-Mu.

Dan wajib bagi kamu-wahai diriku-untuk mempergauli mereka dengan adil dan menghormati mereka. Adapun adil yang dimaksud adalah mereka yang Memenuhi hak الله untukmu wajibkan atas mereka dari nafakah, pakaian, dan mempergauli mereka dengan baik. Kewajiban dan berlaku adil termasuk Mencegah mereka adalah daripada orang menzalimi antara satu dengan yang lainnya.

Dan wajib bagi kamu-wahai diriku-untuk memberi maaf atas kesalahan mereka dan berbelas kasihan kepada mereka, barang kali yang demikian itu akan menambah timbangan kebaikanmu, maka tidak Seharusnya mereka adalah bagianmu dari pahala sementara mereka mendapatkan siksa. Dan khususkanlah kepada para wanita di dalam Ahlul baitmu dengan penjagaan ekstra ekpada dan kasih sayang mereka karena mereka memiliki kekurangan dalam hal akal dan agama. Dan ajarilah mereka tentang hukum haid, Fardhu mandi besar, wudhu, shalat dan puasa dan Beberapa hak suami dan apa saja yang berlaku dalam masalah itu. Sungguh telah berfirman الله, ان الله يأمركم بالعدل والاحسان ... الاية

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar